Sunday , 25 June 2017
Home » Tentang Kami » Sambutan Kepala Program Studi Arsitektur

Sambutan Kepala Program Studi Arsitektur

Salam Sejahtera,

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Unpar telah mencapai usia lebih dari lima dasawarsa. Kurun waktu tersebut bukanlah waktu yang pendek untuk dapat menunjukkan suatu capaian tingkat kematangan tertentu dalam penyelengaraan pendidikan arsitektur di Indonesia. Arsitektur Unpar merupakan Program Studi (di masa lalu disebut sebagai Jurusan) Arsitektur swasta/ non negeri yang tertua di Indonesia. Alumninya sampai saat ini mencapai jumlah 4000 lebih dan telah tersebar di dalam maupun di luar Indonesia. Perkembangan arsitektur di Indonesia pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari peran serta alumni arsitektur Unpar, baik sebagai praktisi, akademisi, atau lainnya. Tantangan Arsitektur saat ini adalah tidak sekadar melokalkan yang global (kreatif- menerima), namun juga mengglobalkan yang lokal (kreatif-memberi). Tentunya hal ini harus didukung oleh visi yang lebih terbuka. Dengan berlandaskan pada sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti dan sesuai dengan visi misi Unpar berupaya untuk terus mengembangkan diri menjadi komunitas akademik arsitektur yang tanggap terhadap tantangan jaman.

Nilai-nilai kemanusian, bersemangat kasih, mengembangkan potensi lokal menuju tataran internasional demi untuk peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan merupakan landasan penting yang digunakan di dalam melangkah. Pengembangan pendidikan di Program Studi Arsitektur Unpar diarahkan agar tidak sekadar menerapkan pengetahuan modern dan mutakhir namun juga tanggap terhadap nilai-nilai kearifan lokal, sehingga diharapkan alumninya memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap potensi–potensi lokal khususnya dalam mendukung nilai kehidupan, serta mampu menyinambungkan antara past, present and for the future. Sejarah peradaban nusantara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki tradisi arsitektur yang kuat dan nenek moyang bangsa Indonesia tidak sekadar pelaut yang handal namun juga ‘arsitek’ yang kreatif.

Kompetensi sarjana arsitektur Unpar diarahkan untuk dapat mencapai sarjana arsitektur yang unggul dan memiliki kemampuan dasar profesional, berwawasan global, serta peka terhadap nilai-nilai etika, ekologi, budaya, kearifan lokal, dalam merancang-bangun lingkungan binaan. Program studi Arsitektur Unpar bertekad untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki civitas akademikanya sehingga menjadi komunitas yang unggul dan berprestasi sehingga gagasan-gagasan yang inovatif dan kreatif akan selalu muncul dan berkesinambungan (sustainable), khususnya dalam pengembangan keilmuan arsitektur di Indonesia demi mendukung tercapainya cita-cita pembangunan nasional. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan rahmat, berkah dan karunianya agar tujuan di dalam proses pendidikan pada program studi Arsitektur Unpar dapat tercapai dan terlaksana sesuai dengan apa yang telah dicita-citakan. Amin.

 

Bandung, 17 Agustus 2014

Kepala Program Studi Arsitektur

 

Dr. Rahadhian Prajudi H.