Monday , 23 October 2017
Home » Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Arsitektur yang disusun sejak 2009 adalah kurikulum berjenjang mulai dari Program Sarjana, Pasca Sarjana (termasuk Program Profesi Arsitektur atau PPArs yang memenuhi Pendidikan Arsitektur tingkat internasional 5 tahun) sampai Program Doktor. Dalam pengembangannya, penyusunan kurikulum Program Sarjana Arsitektur tahun 2012 adalah kurikulum berbasiskan kompetensi.

Adapun kompetensi lulusan Program Studi Arsitektur adalah: Sarjana Arsitektur yang memiliki kemampuan dasar profesional, berwawasan global, serta peka terhadap nilai-nilai etika, ekologi, budaya, kearifan lokal, dalam merancang-bangun lingkungan binaan.

Untuk mencapai kompetensi di atas, kurikulum Program Studi Arsitektur dibagi menjadi 2, yaitu pendidikan tahap dasar (semester 1-4) dan pendidikan tahap pengembangan (semester 5-8). Pada tahap dasar, mata kuliah disusun agar pada akhir semester 4, mahasiswa sudah mempunyai semua dasar wawasan, pengetahuan, kemampuan serta keahlian merancang arsitektur. Pada tahap pengembangan, mahasiswa didorong untuk mengembangkan wawasan, mendalami pengetahuan, kemampuan serta keahliannya dalam merancang arsitektur dengan pengenalan ke dunia profesi arsitektur. Tahap pengembangan ini diakhiri dengan tugas akhirberupa Skripsi Arsitektur. Mata kuliah pilihan yang bersifat pendalaman ilmu dapat dipilih berdasarkan minatnya dalam menunjang skripsi, yang pada akhirnya akan menjadi dasar kompetensi mahasiswa.