Tuesday , 22 August 2017
Home » Kegiatan » Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan Kemahasiswaan

Kegiatan mahasiswa dikelola oleh Organisasi Kemahasiswaan atau Himpunan Mahasiswa Program Studi Arsitektur Unpar (HMPSArs Unpar). Setiap tahunnya mereka  mengadakan kegiatan yang bersifat akademik, pelatihan untuk mahasiswa baru, malam kekeluargaan, pengabdian kepada masyarakat, serta Big Project: Festival Arsitektur Parahyangan.

Selain itu, terdapat juga wadah minat yaitu Arsitektur Hijau yang merupakan kegiatan mahasiswa yang senang untuk menjelajah dan mempelajari kekayaan dan keragaman budaya arsitektur vernakular di Indonesia (info: www.arsitekturhijau.com), serta Arsitektur Foto yang merupakan kegiatan bagi mahasiswa arsitektur yang senang untuk melakukan fotografi terutama objek objek arsitektur.

 

Sekilas mengenai program kerja HMPSArs Unpar:

PARADESC

PARADESC yang merupakan singkatan dari Parahyangan Design Competition merupakan program kerja HMPSArs yang berbentuk sayembara dan talkshow. Pembuatan sayembara ini didasarkan pada besarnya minat mahasiswa untuk menguji kemampuan mereka di bidang arsitektur dalam kancah nasional maupun internasional.

PARADESC menggunakan tema yang berbeda – beda, sesuai dengan fenomena arsitektur yang sedang menjadi topic pada saatnya. Pemilihan topic yang kontekstual dengan waktu penyelenggaraan akan meningkatkan kritisi mahasiswa dalam menanggapi isu tersebut.

SINEMARS

Sinema Arsitektur atau yang biasa dikenal dengan nama SINEMARS merupakan program kerja yang mewadahi minat fotografi dan perfilman dalam lingkungan mahasiswa arsitektur, baik mahasiswa arsitektur Unpar maupun pihak-pihak lain yag terkait.

SINEMARS merupakn kegiatan yang dnanti-nantikan stiap tahunnya, untuk melahirkan perspektif baru dalam menanggapi sebuah isu yang berkaitan dengan isu arsitektur pada saatnya.

MALAM KEAKRABAN

HMPSArs Unpar mengadakan berbagai macam kegiatan malam keakraban yang ditujukan bagi mahasiswa arsitektur Unpar maupun segala pihak yang terkait didalamnya. Malam Keakraban ini ditujukan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa tiap angkatan.

LIGARS

Liga Arsitektur yang biasa dikenal dengan nama LIGARS merupakan suatu bentuk kejuaraan olahraga yang diselenggarakan bagi mahasiswa arsitektur Unpar untuk berpartisipasi dalam berbagai cabang olahraga seperi basket, futsal, dan juga cabang non olahraga seperti lomba memasak, lomba panko, dan sebagainya.

LIGARS mengajak mahasiswa arsitektur Unpar untuk saling mengenal dan berkompetisi dengan sehat.

BHAKTI GHANVA

Bhakti Ghanva merupakan sebuah program kerjasama antara HMPSArs dan HMPSTS Unpar. Bhakti Ghanva berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ‘bakti desa’. Program ini merupakan sebuah bentuk pengabdian kepada masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dengan pendekatan teknikan dan arsitektural.

Pengabdian ini melibatkan banyak pihak, sehingga mahasiswa dapat mendapat pengalaman mengenai dunia praktik keteknikan yang nantinya akan dialami dalam kehidupan berprofesi. Selain memberikan kontribusi nyata pada masyarakat setempat, mahasiswa juga diajak untuk menjalin relasi dengan warga setempat untuk menemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang dialami.

PENGABDIAN PADA ANAK

Pengenalan arsitektur terhadap kaum muda, khususnya anak-anak secara tidak langsung dapat memberikan pemahan lingkungan yang lebih baik. Melalui program ini, anak-anak dapat belajar mengenai pengenalan arsitektur dan lingkungan, serta hubungannya dengan kehidupan mereka sehari-hari.

SEMINAR DAN TALKSHOW

Seminar dan Talkshow biasanya diselenggarakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang professional dalam bidangnya. Seminar ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan ekstra kepada mahasiswa dalam kehidupan berprofesi, baik dibidang praktik maupun bidang akademis. Secara tidak langsung, wawasan ini akan membantu proses pemahaman studi arsitektur dalam perkuliahan.

FINAL ARCHITECTURE PROJECT

HMPSArs biasa menutup satu tahun periode kepengurusan dengan menyelenggarakan sebuah program kerja penutup, yang melibatkan semua pihak dalam Arsitektur Unpar. Kegiatan ini meliputi pameran, pentas seni, dan lain sebagainya. Program ini ditujukan untuk menyadarkan masyarakat arsitektur secara umum terhadap suatu permasalahan, menggagas solusi-solusi yang kreatif, dan juga memberikan kontribusi aktif kepada masyarakat arsitektur secara umum.

hmpsars 1415 copy (Medium) akademik copy (Medium)humas copy (Medium)pengmas copy (Medium)Portfolio joy copy (Medium) bhakti ganva copy (Medium) arsitektur hijau copy (Medium) arsitektur foto copy (Medium)