Daftar Mata Kuliah

SEMESTER 1

 TAR101 Studio Perancangan Arsitektur 1

Mata kuliah ini merupakan awal dari tahap dasar. Studio ini memperkenalkan perancangan arsitektur yang dimulai dari pemahaman ruang serta elemen pelingkupnya. Penekanan mata kuliah ini adalah perancangan arsitektur berdasarkan kepekaan fungsi, proporsi, dan bahasa ruang. Studio inimelatih mahasiswa menggunakan gambar dan maket sebagai alat mengkomunikasikan ide dalam bentuk visual dan verbal.

 

TAR111 Menggambar Teknik

Mata kuliah ini mengajarkan variasi teknik penyajian gambar arsitektur (gambar prarencana, gambar kerja, dan gambar detail) lewat pengenalan gambar proyeksi tegak, proyeksi miring (isometri/aksonometri), perspektif (satu dan dua titik hilang) dari benda geometris dan bangunan sederhana. Selain itu juga mengajarkan cara penerapan notasi, simbol, ukuran, keterangan pada setiap gambar untuk mendapatkan gambar arsitekturyang baik dan informatif.

 

TAR112 Teori Bentuk Arsitektur

Mata kuliah ini mempelajari asal-usul dan kosa bentuk arsitektur melalui pengenalan pemikiran kreatif dengan melibatkan peserta didik dalam situasi nyata dan imajinatif; mencoba menyibak tabir mental dan emosi yang membatasi kreatifitas melalui pengalaman bersinggungan dengan ruang arsitektur guna memahami ruang-bentuk arsitektur sebagai ujud komposisi arsitektonik.

 

TAR113 Dasar-Dasar Struktur dalam Arsitektur

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang definisi struktur dan konstruksi; beban dan statika; serta pengenalan dan pemahaman dasar dari jenis-jenis struktur (garis, bidang datar, bidang lengkung, bidang lipat) dalam hubungannya dengan rancangan arsitektur.

 

TAR161 Pengantar Arsitektur

Mata kuliah ini memberikan pemahaman arsitektur lahir dari keseharian. Penekanan mata kuliah ini adalah pada cara berpikir kritis antara kebutuhan pengguna dan keinginan klien/pelaku perancangan. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan pengenalan tentang perancangan arsitektur sebagai proses pengambilan keputusan.

 

MKU111 Estetika

Mata kuliah ini menjelaskan tentang dasar-dasar budaya dan sejarah Indonesia, untuk dapat mengenali akar masalah bangsa dan jaman masa kini, sehingga dapat memiliki wawasan yang cukup luas dan merancang pemecahan masalah budaya secara mendasar; Manusia, Perasaan, dan Imajinasinya; Perbedaan Paradigma Ilmiah dan Paradigma Seni; Keindahan dan Kebenaran Eksistensial; Pluraritas dan Relativitas Seni: Aliran-aliran Seni Rupa Barat; Persepsi Estetik dan Isu Lingkungan; Visual Intelligence; Seni Rupa sebagai Rhetoric.

 

MKU009 Bahasa Indonesia

Berbagai ragam bahasa Indonesia: Ragam bahasa berdasarkan tempat, penutur, situasi, sarana, dan bidang penggunaan; ragam bahasa ilmu/iptek; ragam bahasa Indonesia yang baik dan benar; Ejaan Yang Disempurnakan (EYD): Pemakaian huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan (daerah dan asing), pemakaian tanda baca, perkembangan daftar istilah terkini; Tata Kalimat dan Penulisan Kalimat Efektif: Unsur-unsur kalimat, Pola Kalimat, Kalimat Majemuk Setara dan Bertingkat, bentuk kesejajaran, kehematan, dan kecermatan penataan penalaran dalam sebuah kalimat; Definisi, Paragraf, dan Penalaran: Syarat dan jenis definisi, syarat pembentukan paragraf, pengembangan paragraf, silogisme, pola pikir induktif dan deduktif; Penulisan Karya Ilmiah: Syarat karya ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah, kerangka karangan ilmiah, dan konvensi naskah penulisan sebuah laporan teknis; Teknik Presentasi Karya Ilmiah dalam Forum Ilmiah: Jenis-jenis forum ilmiah, teknik diskusi, ceramah, dan pidato, pembentukan kelompok, teknik pelaksanaan dan hambatan presentasi.

 

SEMESTER 2

 TAR102 Studio Perancangan Arsitektur 2
Prasyarat: Lulus TAR 101 (minimal C)

Mata kuliah ini memperkenalkan pemahaman arsitektur sebagai sebuah sistem pengorganisasian fungsi, ruang, bentuk dan struktur sehingga mahasiswa mampu merancang bangunan berdasarkan prinsip-prinsip penataan (ordering principle)arsitektural. Studio ini melatih gambar-gambar proyeksi dalam arsitektur.

 

TAR114 Struktur dan Konstruksi Bangunan
Prasyarat: Lulus TAR 113

Mata kuliah ini memberikan pemahaman struktur dan konstruksi berdasarkan aspek statika dan bentuk; berbagai prinsip struktur dan konstruksi (upperstructure dan substructure) untuk bangunan tidak bertingkat beserta konstruksi elemen pelingkupnya; dan proses konstruksi bangunan tidak bertingkat; agar mampu mengintegrasikan sistem struktur dan konstruksi tersebut dengan rancangan arsitektur.

 

TAR115 Bahan Bangunan dalam Arsitektur

Mata kuliah ini mengenalkan dan memberikan pemahaman tentang bahan bangunan struktural dan arsitektural, mencakup: bahan dasar, karakteristik dan sifat bahan, keunggulan dan kelemahan bahan ditinjau dari berbagai aspek, varian-varian bahan, perkembangan bahan bangunan dalam arsitektur bangunan, serta kaitan pengunaan bahan bangunan dengan iklim dan lingkungan; agar dapat mempertimbangkan pemilihan bahan bangunan yang tepat untuk suatu rancangan arsitektur.

 

TAR162 Pengantar Teori Perancangan Arsitektur

Mata Kuliah ini berisi tentang pengenalan cara-cara merancang arsitektur secara teoretik. Penekanan mata kuliah ini adalah pada pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip penataan (ordering principle). Perkuliahan diberikan secara tatap muka dan tugas terstruktur perorangan maupun beregu. Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal cara-cara merancang arsitektur yang berdasar pada prinsip-prinsip penataan dengan benar.

 

MKU012 Logika

Stratifikasi dan dasar-dasar pergaulan dalam masyarakat, untuk dapat membawa diri secara proaktif demi pengembangan masyarakat ke arah yang lebih baik; Pengantar Filsafat; Refleksi Kritis; Pengantar Logika; Keputusan dan Proposisi; Inferensi Langsung dan Tidak Langsung; Induksi dan Hubungan Kausul; Pengantar Filsafat Ilmu; Kriteria Ilmu Pengetahuan dan Metodologinya.

 

MKU008 Etika

Pengantar; Kebebasan Eksistensial dan Kebebasan Sosial; Kebebasan dan Tanggung Jawab; Otonomi Moral Berhadapan dengan Tiga Lembaga Normatif; Kemutlakan Suara Hati, Putusan Dasar, dan Putusan Pilihan; Rasionalisasi Kesadaran Moral; Mengambil Keputusan Secara Wajar; Tahap-tahap Kesadaran Moral menurut Lawrence Kohlberg; Pengantar ke Etika Normatif; Etika Situasi Lawan Etika Peraturan; Relativisme Moral; Hedonisme, Egoisme, dan Etika Pengembangan; Utilitarisme: Jasa dan Kekurangannya; Tiga Prinsip Dasar Etika Normatif.

 

MKU010 Bahasa Inggris

Review struktur bahasa (grammar); Kesalahan dalam struktur bahasa (grammatical errors); Pemahaman bacaan (reading); Pengenalan istilah/kosa kata bahasa Inggris yang digunakan di dalam bidang teknik.

 

SEMESTER 3

TAR203 Studio Perancangan Arsitektur3
Prasyarat: Lulus TAR 102 (minimal C)

Mata kuliah ini memperkenalkan pemahaman bangunan sebagai bagian dari lingkungannya sehingga mahasiswa mampu merancang bangunan berdasarkan analisa lingkungan dan pertimbangan-pertimbangan dampak perancangan terhadap lingkungan sekitar, baik dari estetika visual, budaya, dan ekologi. Studio ini juga melatih mahasiswa teknik-teknik mengkomunikasikan gambar-gambar analisis.

 

 

TAR216 Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah
Prasyarat: Lulus TAR 114

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang prinsip struktur dan konstruksi (upperstructure dan substructure) untuk bangunan bertingkat rendah, dengan varian-varian sistem dan bahan struktur, varian-varian konstruksi elemen pelingkup; integrasinya dengan sistem-sistem bangunan; dan proses konstruksi bangunan bertingkat rendah; agar mampu mengintegrasikan sistem struktur dan konstruksi tersebut dengan rancangan arsitektur.

 

TAR217 Fisika Bangunan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang hubungan bangunan dengan iklim serta teknik-teknik analisa iklim, upaya-upaya untuk pengendalian iklim mikro, perencanaan elemen pengendali struktural dan mengupayakan sistem ventilasi secara baik untuk pencapaian kenyamanan termal dalam ruangan dan bangunan, serta pengetahuan-pengetahuan dasar tentang aspek kenyamanan visual (secara alami dan juga secara buatan) dan kenyamanan audial yang berkaitan secara langsung dengan suatu desain arsitektur.

 

TAR218 Utilitas Bangunan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengetahuan dasar/prinsip, sistem, pemilihan sistem, syarat-syarat dan perhitungan ”rule of thumb” untuk mendapatkan dimensi alat /mekanikal dan ruang wadahnya pada bangunan yang berkaitan dengan air bersih, air minum, air panas, air kotor/limbah yang dilengkapi pipa ven; drainase air hujan; kelistrikan; alat transporasi vertikal (elevator, eskalator); alat pengkondisian udara; pengamanan gedung terhadap kebakaran; penangkal petir yang dirancang secara ”efisien” dengan tujuan agar pengetahuan tersebut dapat diimplementasikan secara eksplisit dalam proses desain di Studio Perancangan Arsitektur.

 

TAR263 Teori dan Sejarah Arsitektur Pramodern

Mata Kuliah ini berisi telaah tentang relasi antara sejarah dengan teori Arsitektur Pramodern sampai dengan awal Arsitektur Modern. Penekanannya adalah pada cara berpikir kritis tentang paham-paham deterministik, eklektik dan rasional yang melatarbelakangi munculnya arsitektur Pramodern baik di Barat (mulai dari arsitektur Yunani sampai arsitektur Neo Klasik) maupun di Timur dan Indonesia.

 

MKU003 Pendidikan Agama Katolik

Wahyu-Iman; Beragama; Kitab Suci itu Wahyu Allah; Yesus dan Allah; Misteri hidup Yesus; Gereja sebagai sakramen; Sakramen dalam Gereja; Gereja dan masyarakat; Prinsip-prinsip moral dasar; Aplikasi/proyeksi masing-masing fakultas.

 

MKU004 Fenomenologi Agama

Pengantar Umum Fenomologi Agama; Konsep Tuhan dan Ketuhanan; Bentuk dan Substansi Agama; Masa Depan Agama; Pengalaman Beragama dan Proses Rasionalisasi; Sosiologi dan Antropologi Agama; Agama dan Konflik Sosial; Gerakan Radikalisme Keagamaan; Pluralisme; Dialog; Kebebasan Beragama; Fenomenologi dalam Perspektif Dunia Modern.

 

SEMESTER 4

TAR204 Studio Perancangan Arsitektur 4
Prasyarat: Lulus TAR 203 (minimal C)

Mata kuliah ini merupakan akhir dari pendidikan studio perancangan arsitektur tahap dasar. Studio ini menekankan pemahaman program dan performa bangunan secara utuh, baik dari sisi kenyamanan, keselamatan dan kesehatan penggunanya. Studio ini melatih mahasiswa menggunakan komputer sebagai alat bantu mengkomunikasikan rancangan.

 

TAR219 Struktur dan Konstruksi Bangunan Bentang Lebar
Prasyarat: Lulus TAR 216

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai prinsip struktur dan konstruksi (upperstructure dan substructure) untuk bangunan berbentang lebar beserta konstruksi elemen pelingkupnya; integrasinya dengan sistem-sistem bangunan; dan proses konstruksi bangunan berbentang lebar; agar mampu mengintegrasikan sistem struktur dan konstruksi tersebut dengan rancangan arsitektur.

 

TAR220 Perencanaan Tapak

Mata kuliah ini yang memberikan pemahaman akan asas-asas perencanaan dan perancangan ruang luar. Penekanan mata kuliah ini adalah pada perencanaan struktur ruang dalam tapak, sehingga tatanan antar masa bangunan dan ruang yang terbentuk menjadi berkesinambungan yang selaras dengan lingkungan alam. Adapun pada kuliah ini, mahasiswa dilatih untuk mengenali kontekstual tapak, melalui pendataan tapak, pengembangan struktur terhadap fungsi, pembentukan sense of place.

 

TAR241 Permukiman Kota

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang fenomena permukiman perkotaan ditinjau dari 3 (tiga) telaah, yakni: relasi antara lingkungan alam (nature) dan manusia; pola spasial lingkungan binaan yang terjadi (settlements pattern); dan perkembangan permukiman kota. Pumpunan telaah tersebut adalah kaitan perencanaan kota dengan perkembangan kota.

 

TAR264 Teori dan Sejarah Arsitektur Modern

Mata kuliah ini mempelajari relasi antara sejarah dengan teori Arsitektur Modern serta memperkenalkan gerakan-gerakan Modernisme. Penekanannya adalah pada cara berpikir kritis tentang paham-paham rasional, yang melatarbelakangi munculnya gaya arsitektur Modern baik di Eropa maupun di Indonesia. Di Indonesia penekanannya pada perkembangan arsitektur era Kolonial sampai Era Sukarno.

 

MKU001 PENDIDIKAN Pancasila

Pancasila sebagai filsafat; Pancasila sebagai Ideologi Nasional; Pandangan integralistik dalam filsafat Pancasila. Nilai Filosofis Pancasila berdasarkan perspektif masing-masing sila.

 

MKU002 Kewarganegaraan

Wawasan Nusantara; Ketahanan Nasional; Politik Strategi Nasional; Politik Strategi Hankam Nasional; Sistem Hankam Rakyat Semesta.

 

SEMESTER 5

 TAR305 Studio Perancangan Arsitektur 5
Prasyarat: Lulus TAR 204 (minimal C)

Mata kuliah ini merupakan awal dari pendidikan studio perancangan arsitektur tahap pengembangan. Studio ini memperkenalkan pemahaman penciptaan sebuah place dalam suatu konteks. Studio ini juga melatih mahasiswa menggunakan komputer sebagai alat bantu mengkomunikasikan gambar-gambar rancangan 3dimensi, terutama teknik-teknik gambar presentasi menggunakan komputer termasuk board presentasi.

 

TAR322 Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat Tinggi
Prasyarat: Lulus TAR 216

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai prinsip struktur dan konstruksi (upperstructure dan substructure) untuk bangunan bertingkat banyak beserta konstruksi elemen pelingkupnya; integrasinya dengan sistem-sistem bangunan; dan proses serta metode konstruksi bangunan bertingkat banyak; agar mampu mengintegrasikan sistem struktur dan konstruksi tersebut dengan rancangan arsitektur.

 

TAR342 Perumahan Kota

Mata Kuliah ini berisi telaah mengenai hakekat perumahan (kota) sebagai kebutuhan dasar manusia untuk bernaung dan bermasyarakat. Pemahaman hakekat perumahan tersebut diberikan melalui telaah permasalahan perumahan kota, upaya dan prakarsa pemecahan masalah perumahan kota, dan kebijakan-kebijakan perumahan.

 

TAR365 Teori dan Sejarah Arsitektur PasCa Modern

Mata kuliah ini mempelajari relasi antara sejarah dengan teori Arsitektur Pasca Modern serta memperkenalkan gerakan-gerakan yang menentang pemikiran arsitektur Modern yang menolak sejarah, dan mengembalikan apresiasi terhadap nilai-nilai kesejarahan. Penekanannya adalah pada cara berpikir kritis tentang paham-paham rasional, new eclectic, dekonstruksi, sampai New Moderndalam konteks munculnya arsitektur Post Modern baik di Barat maupun di Indonesia.

 

TAR366 Pranata Pembangunan

Mata kuliah ini berisi tentang pengertian konsep otonomi daerah; jasa konstruksi; penataan bangunan dan lingkungan hidup; standarisasi dan peraturan bangunan. Pengamatan kondisi nyata di lapangan. Kepekaan (awareness) terhadap isu-isu terkini terkait dengan permukiman dan perumahan kota melalui pengangkatan kasus-kasus yang sedang menjadi isu penting saat ini.

 

SEMESTER 6

 TAR306 Studio Perancangan Arsitektur 6
Prasyarat: Lulus TAR 305 (minimal C)

Mata kuliah ini menekankan pemahaman penciptaan place yang berkelanjutan (sustainable) dalam konteks urban yang mempunyai kepadatan tinggi (high density living). Studio ini juga melatih mahasiswa dalam menggambarkan pengembangan rancangan (design development).

 

TAR323 Metodologi Riset Arsitektur

Pengantar metodologi riset Arsitektur; Aspek dan tahapan/prosedur riset serta pemilihan metodologi riset yang sesuai dengan obyek risetnya; Cara membuat proposal riset dengan metodologi yang baik; Cara membuat penulisan ilmiah dengan teknik penulisan ilmiah yang benar.

 

TAR324 Pengantar Wawasan Kerja Profesi & Dunia Kerja

Menumbuhkembangkan kesadaran, wawasan dan pengetahuan guna memahami situasi-kondisi masyarakat kini khususnya lapangan pekerjaan bagi para lulusan prodi Arsitektur (dari Industri Konstruksi menjadi Industri Kreatif). Disamping memahami tanggung jawab seorang Profesional dengan mengacu pada organisasi profesional yang relevan dengan Arsitektur, khususnya Ikatan Arsitek Indonesia.

 

TAR343 Arsitektur Kota
Prasyarat :

  • Lulus Mata kuliah Permukiman Kota (TAR 241)
  • Pernah tempuh Perumahan Kota(TAR 342)

Mata kuliah ini menjelaskan kota sebagai karya arsitektur, yaitu tatanan lingkungan terbangun (fisik-spasial) yang kompleks dan di huni. Penekanan mata kuliah ini pada pemahaman “morfologi perkotaan” sebagai jalinan elemen-elemen fisik spasial kota, yaitu: “bangunan gedung” sebagai unsur utama pembentuk lingkungan kota dan elemen-elemen fisik spasial lainnya (“bangun-bangunan” /urban fixtures). Mata kuliah ini mendukung dan memperkuat kompetensi mahasiswa merancang arsitektur sebagai bagian lingkungan kota. Disamping itu sebagai dasar pengembangan kemampuan merancang lingkungan kota, yang memperhatikan aspek-aspek peraturan kota sebagai kendali pembentukan tatanan ruang kota, dan “estetika” kota sebagai unsur suasana kehidupan bagi masyarakat kota.

 

SEMESTER 7

 TAR407 Studio Akhir Arsitektur
Prasyarat:

  • Lulus min 100 sks
  • Lulus TAR 101, TAR 102, TAR 203, TAR 204, TAR 305, TAR306 (minimum C)
  • Lulus TAR 113, TAR 114, TAR 216, TAR 219, TAR 322

Studio Akhir Arsitektur merupakan akhir dari rangkaian pembelajaran mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur. Studio ini menekankan perancangan ruang dan bentuk arsitektur yang berwawasan ekologis, kultural dan/atau keteknikan secara komprehensif dengan pemahaman komposisi arsitektonik sebagai suatu sistem spasial yang memiliki performa tertentu terhadap pengguna dan lingkungannya. Studio ini mempersiapkan mahasiswa dalam menggambarkan rancangannya dalam bentuk gambar kerja.

 

SEMESTER 8

 TAR408 Skripsi

Mata kuliah ini mengukur kemampuan kritikal dan analitikal melalui kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah dalam bidang keilmuan Arsitektur yang dikelompokkan dalam Kelompok Bidang Ilmu (KBI) Arsitektur Kota dan Desain Perkotaan (Arkodeko), KBI Sejarah, Teori, dan Falsafah Arsitektur (STEFA), KBI Perumahan dan Permukiman (PP), serta KBI Teknologi dan Manajemen (TM). Skripsi sebagai karya tulis ilmiah formal berisi paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu arsitektur. Penulisan Skripsi berfungsi untuk menyampaikan identifikasi masalah yang bersifat diagnostik atau dilakukan melalui tanda-tanda (sign), petunjuk dalam bentuk bukti (clues)yang membimbing peneliti dan penulis ke pemecahan masalah dan gejala-gejala (symptoms). Dalam arsitektur misalnya adanya fenomena gaya arsitektur minimalis, fenomena “green building”, dll. Sifat diagnostik menunjukkan bahwa Skripsi sebagai suatu karya tulis ilmiah harus mengkaji masalah secara kritis dan hati-hati, khususnya untuk menentukan sifat (characteristics), hakekat (nature) dan pentingnya (importance) masalah.

 

MATA KULIAH PILIHAN

TAR325 Pencahayaan Buatan dalam Arsitektur

Prinsip-prinsip desain pencahayaan buatan secara arsitektural, keterkaitan antara desain dan efek pencahayaan terhadap bentuk-bentuk arsitektur, problematika yang diakibatkan oleh aspek positif dan negatif dalam sistem pencahayaan – serta urgensi dari pengendalian cahaya & distribusi pencahayaan untuk menunjang penampilan obyek-obyek arsitektur, sehingga pengetahuan yang didapatkan dapat bermanfaat untuk men-desain pencahayaan buatan (dalam lingkup kuantitas, maupun secara kualitatif) untuk menunjang aktivitas dan keindahan dalam interior ruangan sesuai dengan fungsi ruangnya, serta dapat menampilkan estetika eksterior dari suatu obyek arsitektur (baik secara visual, maupun secara psiko-visual)

 

TAR326 Proteksi Kebakaran pada Bangunan

Kebakaran merupakan peristiwa penting sehari-hari yang sering diabaikan oleh masyarakat, termasuk para pembangun maupun pemlik gedung. Api dalam skala kecil bermanfaat untuk manusia tetapi dalam skala besar, jelas merugikan. Karena pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang paling utama datang dari desain arsitektur: sejak penataan tapak sampai detail dan pemilihan bahan, maka pengetahuan tentang kebakaran menjadi faktor desain yang integral dalam desain arsitektur dan merupakan keniscayaan karena menyangkut keselamatan jiwa pengguna bangunan.

 

TAR327 Pengantar Ekonomi Bangunan

Pemahaman tentang: faktor ekonomi dalam desain arsitektur, efektifitas dan efisiensi desain (fungsi, bentuk, biaya, waktu); konsekuensi desain-biaya, rasio efisiensi lantai, umur ekonomis bangunan; umur pakai bangunan, jangka waktu pengembalian investasi bangunan, aspek ekonomi pada bentuk dan dimensi ruang, pengendalian biaya; evaluasi desain: use-value, exchange value, process, quality, post occupancy.

 

TAR328 Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan

Aspek perawatan bangunan dalam desain arsitektur, yang berpengaruh pada bentuk orientasi- dimensi bangunan, keadaan selubung bangunan, jenis-perlakuan material, jalur perawatan dan persyaratan penggunaan bangunan.

 

TAR329 Pemugaran Bangunan

Mata kuliah ini mempelajari tentang seluruh lingkup kegiatan pemugaran (di antaranya preservasi, konservasi, revitalisasi) dalam arsitektur. Penekanannya adalah pada pemahamanan akan falsafah, teori, konsep, kriteria seluruh lingkup pemugaran dan upaya-upaya pemugaran yang dilakukan baik di luar maupun di dalam Indonesia.

 

TAR344 Arsitektur Tropis

Pengaruh iklim khususnya iklim tropis hangat lembab, terhadap disain bangunan dan lingkungan sekitarnya dengan tujuan mendapatkan kenyamanan (termal, visual dan audial) yang optimal pada bangunan. Pemahaman akan strategi dan cara-cara mengaplikasikan kondisi-kondisi iklim ke dalam perancangan bangunan di iklim tropis lembap dengan pendekatan sistem pasif. Pengetahuan tentang perubahan kondisi iklim global dan pengaruhnya terhadap berbagai aspek kehidupan, khususnya terhadap perancangan dan perencanaan arsitektur lingkungan dan bangunan tropis lembap.

 

TAR345 Ekologi Permukiman

Permukiman sebagai suatu sistem ekologi (ekosistem). Pemahaman akan pentingnya pendekatan sustainable community. Serta memberi pelatihan kepada mahasiswa akan kepekaan lingkungan permukiman yang ada.

 

TAR346 Arsitektur Perumahan Vertikal Kota

Sejarah, aspek, dan faktor yang berkaitan dengan arsitektur perumahan vertikal perkotaan. Wawasan yang lebih luas tentang rancangan arsitektural perumahan vertikal perkotaan. Analisis arsitektural terhadap rancangan perumahan vertikal perkotaan.

 

TAR347 Teknologi Lingkungan dalam Arsitektur

Lingkungan alam dalam arsitektur; masalah lingkungan Umum; lingkungan alam dan perkembangan teknologi di Indonesia; sustainable architecture; lingkungan dalam hukum; sejarah dan cara kerjaphotovoltaic;amdal dalam karya arsitektur di Indonesia; biopori; patokan rumah ekologis; smart home system.

 

TAR348 Arsitektur Kawasan Pusat Kota

Pengenalan wawasan fisik spasial arsitektur di kawasan pusat kota meliputi pengenalan ragam kota, posisi dan determinan pembentuk pusat kota, pengenalan morfologis struktur fisik- spasial, pola dan tipe, pengenalan peran dan peruntukan lingkungan, pengenalan elemen, tatanan arsitektur kota dan tipologis ruang terbuka (urban space), bangunan (urban mass), pengenalan tipologis arsitektur bangunan (tata-bentuk), pengenalan solid-void, konteks kepadatan, pranata dan kebijakan pembangunan lingkungan, pengenalan penelusuran isu-isu urbanitas dan problematiktransformasi fisik-spasial.

 

TAR367 Estetika dalam Arsitektur

Mata kuliah ini mempelajari estetika dalam arsitektur sebagai kajian nilai-nilai emosi inderawi tentang penilaian keindahan arsitektur secara objektif dan menawarkan cara memandang berwawasan kontemporer tentang karya bina.

 

TAR368 Lokalitas dalam Arsitektur

Mata kuliah ini mempelajari definisi dan pemahaman konteks lokal dalam arsitektur dan bagaimana penerapan konsep local dalam perkembangan arsitektur modern. Penekanannya adalah pada pemahaman gaya dan ragam lokal, transformasi bentuk, penggunaan bentuk, material (bahan bangunan) dan ragam hias dalam arsitektur lokal dan perkembangannya. Membahas tentang konsep-konsep yang berkembang berdasarkan fenomena yang terjadi.

 

TAR369 Arsitektur Vernakular

Mata kuliah ini mempelajari tentang definisi dan proses arsitektur rakyat. Penekanannya adalah pada pemahaman aspek sosial-budaya spesifik yang melatarbelakangi terbentuknya arsitektur vernakular. Dipelajari juga relasi antara pemahaman dan penerapannya dalam konteks kekinian.

 

TAR370 Tipologi Bangunan

Pengertian tipologi dan tipe bangunan secara umum; Dasar-dasar klasifikasi dalam Arsitektur; Pengertian besaran obyek dan konteks Arsitektur; Bangunan-bangunan sebagai elemen fisik perkotaan; Hubungan bentuk dan fungsi bangunan; Hubungan bentuk dan struktur/ konstruksi bangunan; Arsitektur tradisional sebagai produk perkembangan; Lingkungan hunian dengan rumah rumah tinggal dan rumah susun; Fasilitas bangunan untuk kegiatan religius, kebudayaan dan kesenian, pelayanan sosial, kegiatan perkantoran pemerintah dan kegiatan komersial.

 

TAR371 Pengantar Antropologi dalam Arsitektur

Mata kuliah ini berisi tentang pemahaman proses upaya manusia menghadapi perubahan dalam kehidupan. Penekanannya adalah pada relasi antara perkembangan paham-paham dan isu-isu budaya aktual dengan wujud arsitektur. Diharapkan mahasiswa mampu berpikir kritis secara mandiri melalui pemahaman akan relasi pengetahuan budaya dengan arsitektur.

 

TAR372 Pengantar Sosiologi Arsitektur

Pengetahuan (knowledge) tentang pengertian arsitektur ditinjau dari perspektif sosiologi. Hubungan antara arsitektur sebagai tatanan fisik spasial yang rancangannya sangat dipengaruhi dan mempengaruhi proses interaksi sosial, organisasi sosial dan perilaku sosial. Arsitekur sebagai ruang fisik maupun ruang sosial merupakan sebuah sistem pengorganisasian sosio-spasial. Arsitektur sebagai sebuah lingkungan binaan beserta faktor-faktor sosial di dalamnya member nilai atau makna pada sebuah tempat dan membangun rasa keterikatan pada tempat tersebut.

 

TAR373 Psikologi dalam Arsitektur

Pengembangan dan peningkatan proses berpikir & kemampuan kreativitas diri dengan mengacu pada pengetahuan dan metode keilmuan Psikologi, khususnya Psikologi Lingkungan (=“how do we behave to our environment, not only to our-self and to the others”) dengan mempelajari, mengamati& menganalisis: (1) proses Persepsi Lingkungan, (2) proses PengembanganKepribadian/Personality secara trans-aksi dengan Lingkungan, dan (3)prosesAdaptasi Lingkungan guna menanggapi suatu Lingkungan yang berubah, serta (4)proses Psikologi Sosial untuk menumbuhkembangkan warisan kebudayaan.

 

TAR391 Studi Mandiri

Pengembangan wawasan arsitektur dalam konteks objek nyata atau teori, mencakup bangunan maupun lingkungan binaan lainnya. Melakukan penggalian pengetahuan ilmiah yang didasarkan pada pengkajian-pengamatan-penelitian; Menangkap permasalahan arsitektural secara nyata dan dapat memahami dan menjelaskan suatu fenomena arsitektur dan sebagainya, antara lain melalui studi kasus dan contoh-contohnya.

 

TAR392 Kuliah Lapangan

Mengapresiasi dan melakukan pengamatan terhadap obyek-obyek arsitektur baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan mengunjungi secara langsung.

 

TAR430 Pengantar Perancangan Lingkungan Kota
Prasyarat: Pernah tempuh Mata kuliah Arsitektur Kota

Pengetahuan dasar untuk memahami & mengerti tentang proses perancangan lingkungan kota. Keterampilan dasar dalam menerapkan pengetahuan perancangan lingkungan kota melalui latihan di studio.

 

TAR431 Pengantar Metoda dan Proses Perancangan Kota

Pengenalan dan pemahaman teoritik & praktika dinamika proses dan metoda perencanaan maupun perancangan lingkungan perkotaan, meliputi: aspek sosio- kultural, sosio-geo-politik, fisik-spasial dan legalitas kepranataan (dinamika & dialektika birokrasi). Faktor lokasi & fungsi, dinamika pertumbuhan kegiatan lingkungan, bentuk & struktur ruang-kota (morphology), dan ”townscape”. Komponen fungsional & arsitektural perkotaan. Sebagai bekal wawasan bagi mahasiswa yang meminati perkara desain lingkungan perkotaan maupun kawasan kegiatan khusus (pariwisata).

 

TAR432 Pengantar Ekonomi Perumahan

Pengertian perencanaan dan perancangan perumahan skala besar, teori, proses, dan pendekatan perencanaan kota dan permukiman; pertimbangan aspek politik, ekonomi, sosial-budaya dan geografi dalam perencanaan kota dan permukiman; konsolidasi lahan; studi kelayakan perencanaan perumahan; serta aspek pemasaran (supply-demand) sebagai pertimbangan desain permukiman skala besar.

 

TAR433 Pengantar Perumahan Murah

Pengertian dan sejarah perumahan murah; Lingkup perumahan murah; Tipe, jenis dan kualitas perumahan murah; Perumahan dan aspek-aspeknya; Metodologi desain Arsitektural perumahan murah; Prinsip pengembangan dan pembiayaan; Pengaruh aspek sosial dan perilaku; Arsitektur dan perumahan murah. Pemahaman mendalam melalui pengamatan kawasan.

 

TAR434 Manajemen Konstruksi

Pengetahuan agar mahasiswa dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Konstruksi dalam rangkaian proses membangun.

 

TAR435 Prinsip Akustik dalam Arsitektur

Pemahaman tentang akustik arsitektural (yang meliputi persyaratan-persyaratan akustik ruang yang ideal, dalam lingkup wanted & un-wanted sound), material akustik dan bahan insulasi bunyi untuk pendukung kelayakan sistem  tata suara, pencegahan cacat-cacat akustik yang mungkin terjadi dan upaya-upaya perbaikan dari sistem akustik ruang, serta prinsip-prinsip desain dari berbagai ruang akustik, penggunaan alat-alat penguat bunyi pada ruangan, sehingga dapat memberikan pengetahuan yang mendalam tentang upaya perancangan suatu ruang akustik arsitektural yang baik.

 

TAR436 Teknologi Konservasi Arsitektur **

Pemahaman Teknik Konservasi bangunan tua melalui pendekatan Makna Kultural dan Arsitektural.

 

 

 

 

TAR449 Arsitektur Bangunan Hijau

Sejarah, aspek, dan faktor yang berkaitan dengan arsitektur bangunan hijau, wawasan yang lebih luas tentang rancangan arsitektural bangunan hijau, kemampuan analisis dan assesment arsitektural terhadap rancangan bangunan hijau.

 

TAR450 Pengantar Real Estat

Pengertian realestat, perkembangan realestat dalam dunia pendidikan dan bidang usaha; realestat dan perkembangan arsitektur; realestat dan pendidikan penilaian (profesi); aspek-aspek dalam studi kelayakan dalam realestat; aspek-aspek sosial budaya dalam pendekatan desain realestat; aspek lingkungan dalam realestat (pengantar amdal); aspek manajemen dan ekonomi dalam desain realestat.

 

TAR451 Lansekap Perkotaan

Pemahaman prinsip-prinsip Lansekap secara umum, dalam rangka melengkapi dan/menyempurnakan desain arsitektur agar tetap memberi ruang ekologis di perkotaan. Dengan basis perkara pokok, bahwa TEMPAT (”place”) di perkotaan di pilah menjadi Kawasan Pusat Kota, Kawasan Tengah Kota dan Kawasan Pinggir Kota, substansi Lansekap diperkenalkan melalui pemahaman historis, konsepsi, perencanaan dan desain. Dengan demikian, desain bangunan/gedung akan selalu terkait dan merupakan bagian dari desain ruang-luar, lengkap dengan pendayagunaan ragam materialnya.

 

TAR452 Arsitektur Pesisir**

Mata kuliah ini mempelajari tentang proses dan ragam akulturasi budaya dan arsitektur di kawasan pesisir maupun di kawasan lainnya (pedalaman). Penekanan mata kuliah ini adalah pada penjabaran dominasi penerapan akulturasi antara budaya dan arsitektur pendatang dengan budaya dan arsitektur masyarakat lokal (setempat). Membahas tentang konsep-konsep yang berkembang berdasarkan fenomena yang terjadi di kawasan pesisir.

 

TAR474 Pengantar Teori Bentuk dan Makna

Mata kuliah ini memperkenalkan pemahaman relasi antara tanda, makna dan arsitektur. Penekanannya adalah pada kemampuan komunikasi dan interpretasi makna yang melekat pada bentuk arsitektur. Diharapkan mahasiswa mampu berpikir kritis secara mandiri melalui pemahaman akan relasi antara makna dengan bentuk arsitektur.

 

TAR475 Pengantar Estetika Lingkungan Perkotaan

Pemahaman lingkup pemikiran estetika secara umum dan dalam bidang Arsitektur: Estetika tradisional, Estetika modern/“Scientific” dan Estetika Arsitektur; Pendalaman pemahaman dan penelusuran aplikasi secara apresiatif terhadap: Prinsip-prinsip desain Arsitektur, prinsip-prinsip penataan Arsitektural dan variasi faktor kultural dan fisikal; Pendalaman pemahaman klasifikasi lingkup obyek lingkungan kota/binaan, dengan berbagai: Ciri fisik dan fungsi, sifat kegiatan dan aktivitas, faktor sosio-budaya dan perkembangannya; Pemahaman problematika estetika pada lingkup obyek lingkungan kota/binaan, dengan berbagai sudut pandang, antara lain: Pandangan Arsitektur Humanis, Pandangan The Value & Price of Urban Beauty; Pengenalan dan pemahaman metoda apresiasi estetika lingkungan; Pengenalan dan pemahaman berbagai model apresiasi estetika lingkungan kota/binaan secara kasuistik.

 

TAR476 Arsitektur Eksperimental

Membuka wawasan arsitektur paling kontemporer/terkini di dunia internasional dalam lingkup metode dan proses penciptaan kepada mahasiswa lewat latihan kreasi bentuk massa-ruang geometrik Non-Euclidian dengan menggunakan komputer (Computer-Aided Architectural Design); membuka wawasan dan pemikiran lebih jauh dan mendalam tentang proses penciptaan bentuk massa-ruang arsitektural bersifat praktis tanpa terkait dengan makna, menjelaskan aplikasi desain dengan komputer (paperless design) untuk menembus batasan-batasan bentuk platonik yang ada selama ini dengan memahami contoh penerapannya pada beberapa jenis bangunan.

 

TAR477 Seni dalam Arsitektur

Mata kuliah ini berisi tentang pengetahuan tentang seni visual dengan fokus arsitektur; mengenali pengalaman seni dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke alam kesadaran guna pembentukan bingkai rujukan yang lebih terarah dalam mengapresiasi dan menilai karya arsitektur; membahas teori kreativitas dengan evaluasi konsep, teori persepsi, serta penguasaan lanjut asas susunan, terutama aspek preskriptifnya guna membentuk komunikasi verbal dalam apresiasi konfigurasi ruang-bentuk, struktur dan karakter suatu ruang binaan.

 

TAR478 Pengantar Kritik Arsitektur

Kajian dan pertimbangan atas suatu karya arsitektur berdasarkan suatu teori dan/atau pandangan tertentu melalui suatu analisis untuk dapat menjelaskan kedudukan dan makna/sumbangan/kontribusi karya itu kepada khasanah dan pemahaman arsitektur di dalam berbagai konteksnya, serta mampu pula mengembangkannya menjadi suatu wacana arsitektural secara kritis dan imajinatif.

 

TAR479 Perilaku dalam Arsitektur

Mempelajari dan memahami Perilaku manusia khususnya Perilaku Sosial dan Budaya sebagai suatu bentuk tanggapan terhadap perubahan Lingkungan pada umumnya, serta pertumbuhan/pengembangan berbagai jenis Ruang Publikpada khususnya, serta menjembatani kondisi nyata yang ada sekarang dengan kondisi ideal yang diharapkan Ruang Publik dipandang sebagai suatu out-sight& motivasi seseorang untuk bermasyarakat & berbangsa dalam harapan akan kehidupan yang lebih baik dihari esok.